Make P:rem Tamanu Calming Serum Review

by - Desember 01, 2019

Happy first day of Decemeber beauties! Apakah kalian pengguna serum dalam tahapan skincare routine? Jika ya, maka sama seperti aku. Serum yang kali ini aku bahas yaitu serum asal Korea, Make P:rem Tamanu Calming Serum. Sudah kenal dengan brand dan komposisi tersebut?

Make P:rem merupakan merek skincare asal Korea Selatan. Make P:rem merupakan kependekan dari Making a Pragmatic Remedy. Mereka menekankan mengenai produk yang fungsional, harga yang masuk akal, formula nyaman, juga metode pemakaian dan hasil yang efektif. Merek ini sendiri sudah ada sekitar tahun 2017, namun aku baru menemukannya di tahun ini semenjak aktif di skincare community. Brand ini mengusung packaging yang minimalis, bisa kalian lihat dari beberapa produk-produk mereka. Merek ini juga bebas dari SLS, paraben,dan phenoxyethanol.



Tamanu Calming Serum ini menggunakan tamanu oil yang berasal dari Madagascar, yang dikenal sebagai sumber murni dan berkualitas produk Tamanunya, termasuk minyak tamanu.
Tamanu oil diekstrasi dengan cara "cold pressed". Tamanu oil memiliki nama latin Calophyllum inophyllum. Tamanu oil dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit, yaitu mengurangi peradangan atau inflamasi, kaya akan kandungan antioksidan, mengurangi tampilan bekas jerawat, dan lainnya.

Ingredients
Water · Calophyllum Inophyllum Seed Oil · Butylene Glycol · Glycerin · Ethylhexyl Olivate · 1,2-Hexanediol · Niacinamide · Glycereth-26 · Sodium Acrylates Copolymer · Cetearyl Olivate · Sorbitan Olivate · Polyglyceryl-2 Stearate · Glyceryl Stearate · Stearyl Alcohol · Candelilla Was Ester · Sorbitan Stearate · Simethicone · Propanediol · Polyglyceryl-4 Oleate · Sodium Hyaluronate Crosspolymer · Hydrolyzed Glycosaminoglycans · Sodium Hyaluronate · Benzyl Glycol · Hydrolyzed Hyaluronic Acid · Ethylhexylglycerin · Hyaluronic Acid · Raspberry Ketone · Citric Acid · Tromethamine · Sodium Acetylated Hyaluronate · Acrylated/C1-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer · Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil · Citrus Aurantium Dulcis(Orange) Oil · Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit Oil Juniperus Mexicana Oil · Litsea Cubeba Fruit Oil · Copaifera Officinalis (Balsam Copaiba) Resin · Tocopherol · Adenosine · Sodium Phytate · Ginkgo Biloba Leaf Extract · Camellia Sinensis Leaf Extract · Camellia Japonica Leaf Extract · Eruca Stiva Leaf Extract · Triticum Vulgare (Wheat) Sprout Extract · Brassica Oleracea Italica (Brocolli) Sprout Extract · Lepidium Sativum Sprout Extract


Results from COSDNA


Serum ini mengandung tamanu oil sebanyak 10%. Beberapa bahan dalam komposisi bisa menimbulkan fungal acne trigger dan juga mengandung essential oils yang berpotensi menyebabkan iritasi terhadap pemilik kulit sensitif maupun tidak. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk melakukan patch test sebelum menggunalan produk baru. Serum ini juga mengandung Hyaluronic Acid dan beberapa plant botanicals.



Serum ini berisi 50 ml, cukup banyak dari kebanyakan serum Korea yang hanya 30 ml. Botol serumnya berwarna hijau tosca dengan pump bottle yang lebih higienis dan tidak gampang tumpah karena dilengkapi penutup botol. Ohya aku tidak bisa menemukan box serumnya, lupa dimana hehe jadi gak bisa kasih foto. Produk ini travel-friendly karena tidak memakan banyak tempat apabila dibawa bepergian. Informasi mengenai produk sudah cukup jelas tertera pada box. PAO dari serum ini yaitu 12 bulan, cukup lama ya.



Tekstur




Serum ini memiliki konsistensi yang thick dan tidak berair, namun penyerapannya baik di wajahku dan tidak terkesan too oily sekali. Meskipun thicker dari beberapa serum lainnya, serum ini absorbs well ya. Warna dari serum ini yaitu opaque avocado green. Saat pemakaian di wajahku terasa melembabkan dan menenangkan. Serum ini memiliki aroma yang earthy woody gitu, seperti aroma rempah-rempah atau jamu haha. Namun, aku tidak mempermasalahkan wanginya, aku suka dengan aromanya. Banyak yang komplain mengenai wangi dari serum ini, tetapi di aku sangat fine-fine saja.



Bottom Line

Aku sudah menggunakan serum ini couple of weeks. Saat pagi hari aku hanya menggunakan half pump namun di malam hari aku bisa menggunakan full pump. Setelah menggunakan serum ini terkadang aku tidak menggunakan pelembab, karena sudah terasa lembab sekali ditambah sebelumnya aku telah menggunakan toner dan essence. Saat pagi hari aku tidak ingin wajahku malah tambah kelihatan greasy hehe sehingga aku tidak menggunakan full. Saat pemakaian serum ini efek calmingnya memang ada, ditambah mereka memiliki komposisi yang melembabkan seperti Butylene Glycol dan Glycol sebagai humectant,  Hyaluronic Acid , dan emmolient. Apalagi saat aku terpapar sinar matahari dan terkadang menyebabkan bagian scars ku merah, aku cukup menggunakan ini dan works so well. Ketika kulitku iritasi karena suatu produk, seperti sheet mask aku pakai ini dimalam hari dan merah-merah tersebut sudah hilang keesokan harinya.

Sepertinya aku harus menggunakan ini dalam long term use karena manfaatnya terasa sekali, dimana mengurangi redness dan untuk acne scars yang aku miliki. Aku akan lebih suka apabila mereka menghapus atau mengurangi essential oils dalam komposisinya, karena EO sendiri berpotensi mengiritasi kulit. Tetapi EO disini bermanfaat untuk mengurangi aroma pure dari tamanu oil yang banyak orang tidak menyukai aromanya. Meskipun dalam ingredientsnya dia tidak berada dalam posisi 1 hingga 10, aku tidak menyarankan untuk digunakan pemilik kulit sensitif sebelum melakukan patch test dan juga pemilik fungal acne. Karena pengalaman temanku yang sensitif terhadap fungal acne, seminggu pemakaian serum ini menyebabkan kembalinya fungal acne di bagian dahi. Serum ini cocok juga untuk yang memiliki kulit kering.

Overall, aku cukup puas menggunakan serum ini meskipun key ingredientsnya tamanu oil tapi tidak menyebabkan kulitku breakout. Jika kalian ingin mencoba dan membeli produk ini dapat dibeli di CrediThink dengan harga diskon $20.99 atau Rp. 295.000

See you on my next post!
Leave comment and support :)


connect with me luv !

You May Also Like

16 Comments

  1. Mirip kayak krave beauty great barrier relief gak sih kalo aku lihat2? Blm pernah nyoba yg krave beauty sih, tp kalo lihat tekstur sm ada tamanu oilnya kok mirip si GBR hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mirip2 gitu dari ingredients. Cuma gatau si krave ada essential oils atau engga. Aku juga belum pernah coba 😂 agak mahal dari ini sih

      Hapus
  2. Teksturnya beda dari serum pada umumnya ya, thick banget ya. Aku juga emang sering baca kalau Tamanu Oil banyak banget manfaatnya.

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah pakai produk ini, beb. Tapi memang gak bakal bisa aku pakainya karena kulitku sensitif.

    BalasHapus
  4. Wah packagingnya unik ❤️ dan aku suka produk yg ga mengandung SLS dan Paraben kayak gini 😍

    BalasHapus
  5. Aku jerawatan parah, cocok ga ya pake ini?

    BalasHapus
  6. Wah thanks banget infonya, aku lagi cari cari serum juga nih, bisa jadi rekomendasi selanjutnya👍

    BalasHapus
  7. Aku juga pecinta serum nih. Menurutku pemakaiannya penting banget. Btw, aku baru tahu nih sama produk ini.

    BalasHapus
  8. Harganya lumayan ya kak tapi kalo worth it sih ga masalah, hantam ajaa beli wkwkw

    BalasHapus
  9. Aku suka ini, calmingnya dapet. Redness jadi lebih cepet reda kalo pakai dia :D

    BalasHapus
  10. P:rem ini lagi banyak yang pakai ya. Aku beberapa kali lihat skincare junkie pakai produk P:rem. Kualitasnya bagus ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes setuju banget, si safe moisturiser nya juga jadi produk favorit karena komposisinya minimal.

      Hapus
  11. Aku belum pernah pake serum nih. Tapi belakangan ini pengen juga cobain serum walaupun gak ngerti serum apa dan merek apa yang kira-kira bagus untuk kulitku. Mungkin serum ini cocok untuk permulaan ku dalam dunia per-serum-an karena kebetulan wajahku masih banyak bekas jerawat. Pengen banget nih hilangin bekas-bekas jerawat yang membandel.😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba yang mengandung niacinamide mba kalau bekas jerawat yang jenisnya agak kecoklatan nah kalau yang merah2 gitu sih emang aku pake serum ini biar efek calming 😆

      Hapus
  12. Kaget ada skincare yang bisa calming sekaligus ngilangin acne scars. Soalnya aku rasa susah nemu produk yang two in one kayak giniiii. Thanks for the review btw. Kebetulan aku lgi punya masalah acne scars nih. Huhuhu

    BalasHapus
  13. Ini favoritku😍, baru pertama nyoba tamanu dan langsung suka dong. Cakep banget buat memperbaiki skin barrier. Tapi sayang sih di aku agak bikin kusam, jadi aku pakai kalo pas lagi butuh aja.

    BalasHapus