Beauty Review: Pratista Skincare

by - Mei 31, 2019





Skincare lokal sekarang sudah semakin banyak dan tentunya gak kalah sama produk luar. Salah satunya dari brand Pratista. Sekitar dua minggu aku mencoba rangkaian skincare dari Pratista.
Aku paling excited karena dapat kesempatan mengulas Centella Series Pratista. 

Sudah pernah dengar dan tahu apa itu Centella?
Kalau kalian fan dari K-beauty pastinya udah tahu dong hehe. Centella Asiatica atau sering juga disebut Gotu Kola Extract, Tiger Grass, Cica dan dalam bahasa Indonesia disebut dengan Daun Pegagan.
Kandungan Centella Asiatica ini udah hits banget karena mengklaim bisa mengatasi berbagai macam masalah kulit kita.

Centella ini biasanya tumbuh liar di tepi sungai dan kebun, wah terus jadi salah satu bahan skincare. Bangsa Asia seperti Tiongkok dan India sudah lebih dahulu mengenal tanaman ini. Tanaman ini termasuk jenis herbal dan dapat mengobati beberapa penyakit.

Centella mengandung amino acid, beta carotene, fatty acid, dan beberapa nutrisi lainnya. Ekstrak dari tanaman ini dapat meredakan inflamasi, mempercepat penyembuhan luka, merangsang pembentukan sel baru, dan meningkatkan produksi kolagen.



Beberapa produk yang aku dapat, yaitu
1. Brightening Facial Wash
2. Centella Enrich Essence
3. Centella Enrich Serum
4. Centella Day Cream
5. Whitening Night Cream
Aku mau review sesuai urutan pemakaiannya ya.
So, lets get into the review!

Brightening Facial Wash


Klaim:
Merupakan sabun wajah yang diperkaya kandungan AHA berfungsi untuk mengangkat kotoran, membersihkan wajah, mengatasi jerawat serta mencerahkan wajah

Ingredients:
Aqua, Sodium Laureth Sulfate, Cocamidopropyl Betaine, Sodium Chloride, Glycol Distearate, Tea Tree Oil, Phenoxyethanol, Methylparaben, Ethylparaben, Butylparaben, Propylparaben, Potassium Hydroxide.
Ohya dari komposisinya tersebut masih ada SLS dan beberapa jenis paraben ya.

Facial wash ini memiliki tekstur gel-liquid dan tidak ada wangi yang menyengat. Aku cukup suka facial wash yang tidak berbau gini. Kemasannya cukup untuk dibawa berpergian karena tidak memakan banyak tempat.
Selama menggunakan facial wash ini wajah tidak break out dan aku tidak merasakan wajahku ketarik atau jadi kering gitu. Wajah terasa lebih bersih juga.

Centella Enrich Essence


Klaim:
Essence yang mengandung Centella Asiatica dan Salicylic Acid yang berfungsi untuk meningkatan produksi kolagen, membantu mengatasi jerawat, memberikan efek calming, melembakan wajah. Serta memberikan manfaat untuk wajah yang memiliki acne scars (bopeng) akibat jerawat atau cacar.

Ingredients
Alcohol, Aqua, Glycerin, Centella Asiatica Leaf Extract, Butylene Glycol, Salicylic Acid, Methylsilanol Mannuronate, Carbomer

Kemasan dari essence ini cukup unik, aku belum pernah melihat yang seperti ini heheh. Teksturnya cair dan bening. Kebetulan acne scar ku ada di bagian pipi, namun karena masih ada jerawat yang meradang di pipi kanan akibat efek purging, maka aku menggunakannya di pipi kiri sedikit saja. Kandungan alkohol di essence ini juga cukup tinggi. Kalau jenis kulit kalian tahan dan tidak sensitif dapat mencoba essence ini treatment acne scar. Kebetulan karena aku tidak terlalu cocok dan bersahabat denga alkohol, maka untuk menghindari BO aku hanya mencoba essence ini saja tidak dalam long-term use.

Centella Enrich Serum


Klaim:
Mengandung Centella Asiatica 2x lebih banyak yang berfungsi hampir sama dengan essencenya.

Ingredients:
Aqua, Butylene Glycol, Hydroxyethylcellulose, Phenoxyethanol, Allantonin, Panthenol, Enantia Chorantha, Bark Extract, Centella Asiatica Extract, Methylparaben, Quantemium 15, Ethylparaben, Butylparaben, Sodium Nitrate, Rhus Semialata Gali Extract, Propylparaben, Glyoxal, Oleanotic Acid.

Kemasannya lebih kecil dari serum dilengkapi pump untuk mengeluarkan produk. Teksturnya cair, berwarna kecoklatan dan saat diaplikasikan wajah membutuhkan waktu lebih lama untuk menyerap sehingga aku prefer menggunakannya dalam evening routine. Kandunga centellanya memang lebih banyak. Aku cocok karena memberikan efek calming untuk redness dan jerawat. Tidak ada efek gatal ataupun malah bikin merah. Cocok juga untuk jerawat aku yg meradang.

Centella Day Cream


Klaim:
Mengandung Centella Asiatica plus tabir surya SPF 30 sehingga dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari

Ingredients:
Aqua, Butylene Glycol, Isononanoate, Cyclopentasiloaxane, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid, Cyclohexasiloxane, Diethylhexyl Carbonate, Polysilicone-15, Pottasium Cetyl Phosphate, Triethanolamine, Ceteareth-25, Methyl Glucose Sosquistearate, Acylates/Steareth-20 Methacrylate Copolymer, Glyceryl Stearate, Cetearyl Alcohol, Stearic Acid, Phenoxyethanol, Centella Asiatica Extract, C9-15 Alkyl Phosphate,

Teksturnya krim dengan warna putih. Wanginya tidak mennyengat, hampir tidak tercium deh. Saat diaplikasikan aku pikir bakal thick gitu, ternyata engga. Hasilnya matte juga jadi sebelum pake krim ini, aku pakai pelembab juga biar lebih lembab aja hehe. Terus setelah menggunakan krim ini juga enggak greasy, kalau ditumpuk dengan makeup juga oke.

Whitening Night Cream


Klaim: mengandung arbutin, allantoin, dan asam vitamin A yang efektif untuk mencerahkan wajah dan menyamarkan noda hitam pada wajah

Whitening Night Cream mengandung Deoxy Arbutin yang membantu mengatasi keluhan wajah kusam dan flek di wajah. Dilengkapi dengan retinol yang mampu mencerahkan serta berfungsi sebagai anti aging.

Teksturnya lebih thick dari centella day cream, warnanya putih dan wanginya lumayan nyengat untuk aku. Saat pemakaian juga hasilnya matte gitu meskipun tipis-tipis. Aku tidak menggunakan whitening night cream ini secara long-term, karena wanginya cenderung menyengat dan aku agak sensitif dengan wanginya. Tapi kalau buat kalian yang suka dan cocok aja, boleh dicoba.

Dari keselurahan rangkaian skincare Pratista, aku paling suka dengan Centella Enrich Serum. Serumnya bikin calming jerawat aku dan gak bikin breakout. Mau pakai serumya terus dan update hasilnya 
Buat kalian yang mau kepo produk-produk pratista bisa cek di Instagram @pratista.official
Untuk cek harga dan produk-produk lainnya bisa kunjungi website resminya pratista.co.id
Terima kasih Pratista dan Beauty Society ❤

You May Also Like

0 Comments