PURITO Centella Green Level Unscented Sun SPF50+ PA++++ Review

by - September 20, 2020

Rutinitas menggunakan sunscreen termasuk dalam tahapan basic skincare yang tidak boleh dilewatkan. Basic skincare sendiri terdiri dari Cleansing, Toning, Moisturizing, Protecting (CTMP). Pada tahap protecting ini kita diwajibkan untuk menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV.

Dua tahun kebelakang ini aku telah mencoba beberapa merk sunscreen yang kebanyakan berasal dari Korea Selatan. Trial dan error sudah pernah aku rasakan mulai dari kulit sensitized, breakout, dan lainnya. Namun untuk produk sunscreen sendiri aku jarang merasakan ketidakcocokan dari segi formula tetapi lebih tidak cocok dalam hal kenyamanan saat memakai sunscreen.



Sunscreen dari Purito sudah hype banget di kalangan skincare enthusiast dan abcommunity. Saat ini Purito sudah memiliki dua produk sun care dengan tipe chemical dan physical. Sebelumnya aku sudah pernah mengulas physical sunscreen mereka disini. Di post kali ini aku akan mengulas chemical sunscreen mereka Purito Centella Green Level Unscented Sun SPF 50+ PA++++.

About Product

This is an unscented version of the Safe Sun designed for those who are sensitive to fragrance and essential oils. This sunscreen protects the skin from both UVA and UVB rays. It effectively soothes the skin by using concentrated super Centella with a high level of Madecassoside. It has a smooth and clear application that keeps your skin looking fresh all day and wears beautifully underneath makeup. This sunscreen is for everyday wear, it is less likely to cause eye-stinging or skin irritation.

Ini merupakan versi Safe Sun tanpa wewangian yang dirancang untuk mereka yang sensitif terhadap wewangian dan essential oil. Tabir surya ini melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Secara efektif menenangkan kulit dengan kandungan Super Centella terkonsentrasi dengan Madecassoside yang tinggi. Tabir surya ini untuk pemakaian sehari-hari, kecil kemungkinannya menyebabkan perih atau iritasi kulit.

Product Information

  • Brand: PURITO
  • Volume: 60 ml.
  • Made in Korea
  • Harga: $18.90 atau Rp. 278.000
  • Produk Purito sudah terdaftar di BPOM

Key and Full Ingredients

Sunscreen ini mengandung Centella Asiatica yang merupakan bahan terkenal karena kemampuannya untuk menyembuhkan luka (wound-healing). Centella Asiatica juga mampu menenangkan dan mengurangi peradangan pada kulit. Niacinamide juga digunakan dalam sunscreen ini.

Untuk filter UV yang ada dalam sunscreen ini yaitu Uvinul A Plus atau Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate sebanyak 3.0%. Ini merupakan bahan filter sunscreen chemical atau kimiawi yang menghalangi sinar UV dan mencegah penuaan dini.

Menurut Incidecoder, bahan ini merupakan generasi baru, yang dirancang untuk perlindungan UVA tinggi dan fotostabilitas tinggi. Memberikan perlindungan matahari di seluruh rentang UVA (320-400 nm) dengan perlindungan puncak pada 354nm dan dapat digunakan hingga 10% di seluruh dunia kecuali untuk AS dan Kanada.

Kemudian ada Ethylhexyl Triazone atau Uvinul T 150. Bahan ini mampu memberikan penyerapan foto-stabil tertinggi dari semua filter UVB yang tersedia saat ini.  Melindungi dalam kisaran UVB (280-320nm) dengan perlindungan puncak 314nm. Bahan bubuk yang larut dalam minyak, tidak berbau, dan tidak berwarna yang bekerja dengan baik dalam formula bebas pewangi. Oleh karena itu disarankan untuk double cleanse menggunakan cleansing oil apabila kamu menggunakan chemical sunscreen.

Full Ingredients


Packaging, Texture, & Scent

Kemasan sunscreen ini dari bahan plastik yang matte yang senada dengan produk Purito lainnya. Tekstur dari sunscreen ini krim yang ringan dengan warna putih dengan sentuhan light green jadi cocok dengan nama produknya yang menggunakan Centella Asiatica. Untuk scent, tidak tercium aroma wangi karena memang ini unscented. Aromanya lebih ke original kimiawi gitu.

My Experience

Sunscreen ini awalnya aku pikir bakal tidak cocok di kulit aku yang cenderung oily. Namun ternyata ini cocok-cocok saja. Teksturnya yang krim ringan menurutku bakal lebih cocok untuk jenis kulit normal, dry to combination sih. Tapi karena aku ingin mengulas sunscreen ini jadinya harus ku pakai dong dan aku cocok menggunakannya. 

Hasilnya tidak lengket, tidak menimbulkan white cast yang cukup mengganggu bagi pemilik deeper skin tone kayak aku. It sinks beautifully into my skin dan melembabkan juga. Aku nggak merasa greasy atau sumuk (stuffy) setelah memakai ini. Sunscreen ini juga cocok digunakan bersama makeup dan gak pilling setelah beberapa waktu. Tidak bikin mata perih juga saat pakai ini. Karena bakal nggak nyaman banget kalau sunscreen pilling dan perih disekitar are mata. Aku jadi penasaran kenapa ada formula sunscreen yang bikin pilling.

Selain mendapatkan perlindungan, sunscreen ini juga membantu menenangkan kulit yang lagi inflamasi. Aku punya bekas jerawat yang merah dan sunscreen ini sangat membantu. Karena formulanya yang gentle dan tanpa pewangi, ini nggak menimbulkan efek negatif seperti memperparah atau bikin breakout wajah. Menurutku aman juga untuk dipakai setelah lepas dari krim dokter atau ingin memperbaik skin barrier kita.

Recommendation to Use

Takaran menggunakan sunscreen ialah sebanyak dua jari. Bagi pemiliki kulit oily apabila wajah sudah terasa terhidrasi dan lembabnya cukup bisa skip moisturiser dan bisa pakai sunscreen ini dalam step terakhir. Sunscreen ini tidak fungal acne safe jadi aku tidak menyarankan ini untuk pemilik fungal acne. Untuk aku ini highly recommended! Sunscreen is a must thing for morning routine! No matter you stay indoor or outdoor. So please use 365 days of sunscreen. 

Mengapa harus menggunakan sunscreen meskipun cuaca mendung atau hanya di dalam ruangan saja? Sinar UV masih bisa terus masuk meskipun sedang mendung dan berawan karena awan tidak menghalangi sinar UVA dan UVB. Tak hanya di luar rumah, di dalam pun ternyata bisa juga terkena paparan sinar matahari. Namun ada jenis kaca yang mampu menangkal sinar matahari yaitu Laminated Safety Glass.

Hope this review helps you. See you on the next post!

xx



You May Also Like

4 Comments

  1. Penting banget memang penggunaan sunscreen ini, tapi sampai sekarang saya belum juga mencoba rutin pakai sunscreen karena belum tahu mana yang cocok jadinya maju mundur deh mau beli😁 mungkin nanti setelah menikah saya bakalan cari sunscreen yang cocok. Kenapa nunggu nikah ya? Wkwk nggak tahu juga😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mba Astria.
      Iya mba sekarang bisa cari-cari dulu yang benar-benar cocok di kulit hehe

      Hapus
  2. Wah i feel you! Aku juga pemilik kulit oily, picky banget untuk dapetin sunscreen yang cocok di kulit muka.. untung sekarang udah ketemu beberapa produk yang cocok hihi

    BalasHapus
  3. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus