Urutan Menggunakan Skincare Untuk Kulit Berminyak

by - September 30, 2020

Saat ini trend skincare sudah menjangkau lebih luas lagi di Indonesia maupun luar negeri. Pengaruh K-Beauty secara global memberikan pengalaman menggunakan skincare yang berbeda. Berkat media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, semakin banyak skincare enthusiast yang memberikan review atau informasi mengenai skincare. Kalau dulu waktu aku sekolah belum begitu kenal yang namanya skincare tahunya hanya bedak dan parfum saja namun sekarang sudah berbeda skincare sudah dikenal tanpa batas usia dan wilayah.

Ngomong-ngomong soal skincare, aku sudah sering membuat review produk namun belum menulis bagaimana penggunaan skincare di kulitku serta urutan penggunaan skincare di kulit berminyak atau oily. Skincare untuk kulit berminyak memang cukup tricky karena sesuai dengan pengalaman aku apabila menggunakan produk yang terlalu rich malah nggak cocok dan menimbulkan beruntus atau whitehead.


Berikut ini urutan penggunaan skincare di kulit aku untuk pagi hari:

1. Cleansing
Pagi hari aku tidak bisa skip cleansing routine karena wajahku berminyak dan cuaca Jakarta yang terkadang agak panas di malam hari sehingga aku harus tetap mencuci wajah menggunakan face wash di morning routine ku. Cleanser yang aku gunakan menggunakan surfaktan yang gentle, bebas alkohol, dan tanpa pewangi. Cleanser yang cocok di aku seperti Hada Labo Gokujyun Face Wash dan Simple Skincare Gel Face Wash.

2. Hydrating Toner
Setelah mencuci wajah lanjut untuk menggunakan hydrating toner. Aku nggak biasa menggunakan exfo toner pada pagi hari. Namun kalau sedang pakai Vitamin C Serum, aku menggunakan toner di urutan ketiga. Hydrating toner yang cocok untuk kulit berminyak yaitu Hada Labo, Klairs Unscentes Toner, Hale.

3. Treatment 
Permasalahan kulitku bekas jerawat merah (PIE), acne scars, uneven skintone. Dari permasalahan kulit tersebut kita dapat memilih bahan skincare pada serum atau ampoule yang mampu membantu mengatasi. Seperti Niacinamide yang mampu mengatasi bekas jerawat, brightening, dan mengontrol sebum pada kulit. Aku biasanya membuat jadwal untuk penggunaan active ingredients.

4. Moisturize

Untuk kulit berminyak aku menggunakan mois emulsion yang memiliki tekstur ringan namun melembabkan. Apabila terlalu lembab malah menimbulkan efek negatif di wajahku. Sehingga aku lebih suka pelembab yang bertekstur gel, lightweight cream, gel to cream.

5. Protect with Sunscreen

Hal ini wajib banget untuk diterapkan. Kenapa? Karena apabila kita tidak menggunakan sunscreen maka skincare-skincare yang tadi kalian gunakan itu tidak berguna lho. Sunscreen juga memiliki manfaat yang baik bagi kulit. Untuk tipe kulit berminyak bisa coba physical sunscreen seperti Purito Water Comfy Sunblock dan chemical sunscreen seperti Keep Cool Soothe Bamboo Sun Essence.

Itulah tahapan skincare untuk kulit berminyak di pagi hari versiku dan menurutku sesuai dengan kondisi cuaca Jakarta yang panas. Aku tahu bahwa setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda dan tulisan ini bisa dijadikan referensi untuk mengetahui tahapan-tahapan penggunaan skincare. Produk-produk yang digunakan juga bisa memberi efek yang berbeda.
Hope it helps you!

See you

You May Also Like

1 Comments